PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PECAHAHAN KELAS V SDN 12 CAKRANEGARA

RIKA, RISANTI (2024) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PECAHAHAN KELAS V SDN 12 CAKRANEGARA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (similarity check)
BISMILLAH SKRIPSI RIKA 2023 FIKS.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi pecahan siswa kelas V SDN 12 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Bentuk desain penelitian yg digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 12 Cakranegara. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 12 Cakranegara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dimana semua anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 30 siswa, dengan jumlah sampel kelas eksperimen 15 siswa dan sampel kelas kontrol 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data bahwa dalam penelitian menggunakan metode pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pecahan siswa kelas V SDN 12 Cakranegara berbantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan penelitian menunjukkan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,014 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% dan nilai rata-rata t hitung dan t tabel yaitu (2.610 > 2.048) dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi pecahan siswa kelas V sdn 12 Cakranegara.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kreatif, Materi Pecahan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rika Risanti
Date Deposited: 18 Mar 2024 09:06
Last Modified: 18 Mar 2024 09:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item