PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 19 MATARAM

RIMA, ADAWIYAH (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 19 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI RIMA ADAWIYAH ACC fiks.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti, Sekolah Dasar 19 Mataram adalah sebuah sekolah dasar yang terletak di Desa Punia, Kota Mataram. Seperti halnya sekolah dasar pada umumnya, SDN 19 Mataram memiliki tujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi siswa-siswanya, termasuk keaktifan dalam proses belajar. Pada penelitian ini dilakukan tepatnya pada kelas V Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pembelajaran IPA, maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN 19 Mataram yang terdiri dari 21 siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keaktifan siswa yang dilaksanakan menggunakan 2 kali pengamatan yaitu pretest dan posttest. Penelitian ini adalah eksperimen (pree ekpremental design) yaitu penelitian yang dilakukan pada satu kelompok atau kelas yang diberikan pra dan pasca uji, dan tanpa ada kelas pembanding atau kelas control. Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pre-test dan posttest design. Lokasi penelitian di SDN 19 Mataram, waktu penelitian terhitunng mulai dari bulan Agustust sampai bulan Oktober 2023. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah, uji validitas, dan uji reliabilitas. Metode analisis data menggunkan metode uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesismenggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam penelitian penggunaan metode pembelajaran student facilitator and explaining terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pembelajaran IPA kelas V SDN 19 Mataram dengan bantuan sofware SPSS 21.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan penelitian menunjukan nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,028 > 0,05 dan nilai rata-rata data t hitung > t tabel tabel di atas tarif (10.572 > 2.093). Berdasarkan output t test bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran student facilitator and explaining terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pembelajaran IPA kelas V SDN 19 Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, student facilitator and explaining, keaktifan siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rima Adawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:33
Last Modified: 15 Mar 2024 02:33
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8693

Actions (login required)

View Item View Item