PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 46 AMPENAN

RIKA, RIANI (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 46 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI. RIKA RIANI fiks 44.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa materi bangun ruang dan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan multimedia pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V SDN 46 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D ). Model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Untuk tahap uji coba terbatas dilaksanakan pada siswa kelas Vl sejumlah 6 orang siswa sedangkan tahap uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas V sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia berbasis Articulate Storyline 3 mendapatkan nilai rata-rata validasi media sebesar 91% dengan kategori “sangat valid”, ahli materi sebesar 89,5% dengan kategori “sangat valid”. Adapun hasil dari uji coba terbatas mendapat nilai rata-rata 93,1% dikategorikan “sangat praktis” , sedangkan hasil dari uji coba lapangan memperoleh skor N-Gain 75,56% dengan dikategorikan “sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan pada pembelajaran Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Multimedia Berbasis Articulate Storyline 3, Pemahaman Konsep, Bangun Ruang
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: RIKA RIANI
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:57
Last Modified: 15 Mar 2024 02:57
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8684

Actions (login required)

View Item View Item