RIKA, RIANI (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 46 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER-BAB III.pdf Download (6MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (similarity check) SKRIPSI. RIKA RIANI fiks 44.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa materi bangun ruang dan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan multimedia pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V SDN 46 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D ). Model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Untuk tahap uji coba terbatas dilaksanakan pada siswa kelas Vl sejumlah 6 orang siswa sedangkan tahap uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas V sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia berbasis Articulate Storyline 3 mendapatkan nilai rata-rata validasi media sebesar 91% dengan kategori “sangat valid”, ahli materi sebesar 89,5% dengan kategori “sangat valid”. Adapun hasil dari uji coba terbatas mendapat nilai rata-rata 93,1% dikategorikan “sangat praktis” , sedangkan hasil dari uji coba lapangan memperoleh skor N-Gain 75,56% dengan dikategorikan “sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan pada pembelajaran Sekolah Dasar.
| Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | |||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Multimedia Berbasis Articulate Storyline 3, Pemahaman Konsep, Bangun Ruang | |||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
| Depositing User: | RIKA RIANI | |||||||||
| Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:57 | |||||||||
| Last Modified: | 15 Mar 2024 02:57 | |||||||||
| URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8684 | 
Actions (login required)
|  | View Item |