PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 4 MATARAM PADA MATA PELEJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)

MANSYUR, MANSYUR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 4 MATARAM PADA MATA PELEJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
MANSYUR (5).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA negeri 4 Mataram dan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Di Kelas XI SMA Negeri 4 Mataram. Subjek penelitian ini terdiri dari 70 peserta didik, 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 35 peserta didik sebagai kelas kontrol Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu perancangan, pelaksanaan, observasi dan tes hasil belajar (evaluasi). Untuk mengetahui tes hasil belajar peserta didik kelas XI Ilmu social 1 sebagai kelas Eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan untuk kelas XI Ilmu Sosial 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada proses pembelajaran hasil peneliti mengungkapkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Skor rata-rata yaitu 82,66 serta 31,5% peserta didik telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal 75. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dapat juga diketahui dari selisih nilai rata-rata melalui Uji T kelas eksperimen yaitu 0,70 dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,46. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penguasaan peserta didik pada mata pelajaran PPKn meningkat dari kategori rendah menjadi tinggi disamping itu peserta didik juga lebih disiplin aktif dan bertanggung jawab dalam mengikuti kegiaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWAYAN, RESMINInidn0010105701
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran PPkn.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mansyur Mansyur
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:42
Last Modified: 19 Mar 2024 03:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8592

Actions (login required)

View Item View Item