ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BASRENG SIP NGEMIL DI PRAYA LOMBOK TENGAH

AMININA, RISTANTI (2024) ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BASRENG SIP NGEMIL DI PRAYA LOMBOK TENGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (679kB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penetapan harga jual yang dilakukan oleh Sip Ngemil dalam meningkatkan volume penjualan basrengnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penetepan harga jual yang dilakukan oleh Sip Ngemil, dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari basreng Sip Ngemil di pasaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari pihak Sip Ngemil, data primer dalam penelitian ini yaitu data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan owner dan konsumen Sip Ngemil, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu data penjualan yang di dapat dari buku laporan keuangan milik Sip Ngemil. Penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan basreng Sip Ngemil.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menetapkan harga jual produknya Sip Ngemil menggunakan dua teknik yaitu menentukan total biaya produksi yang terdiri dari tiga indikator yaitu total biaya bahan baku dan total biayaoperasionaldan gaji karyawan, dan teknik kedua yaitu menentukan target pasar, target pasar Sip Ngemil dibagi menjadi dua yaitu kalangan menengah ke bawah dan kalangan menengah ke atas. Berdasarakan hasil analisis SWOT cita rasa basreng yang ditawarkan oleh Sip Ngemil berbeda dengan basreng lainnya di pasaran, dimana hal ini Sip Ngemil menambhakan ciri khas Lombok ke dalam basrengnya, dan dapat digunakan sebagai lauk saat makan, dari hasil analisis SWOT juga dapat diketahui bahwa Sip Ngemil memiliki keterbatasan dalam proses produksi. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat peneliti simpulkan bahwa penetapkan harga jual dalam meningkatkan volume penjualan basrengnya yang dilakukan oleh Sip Ngemil yaitu menggunakan dua cara yang pertama yaitu menentukan biaya pokok produksi dan menentukan target pasar. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu dalam pencatatan dan perhitungan biaya produksi hendaknya menggunakan aplikasi khusus agar mendapatkan hasil perhitungan yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBAIQ, REINELDA TRI YUNARNInidn0807058301
Thesis advisorMUHAMMAD, APRIAN JAILANInidn0804049501
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Volume Penjualan, Basreng
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 381 Perdagangan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Aminina Ristanti
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:37
Last Modified: 05 Mar 2024 04:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8555

Actions (login required)

View Item View Item