PENGARUH PROPORSI SEPEDA MOTOR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS DI JALAN SRIWIJAYA KOTA MATARAM)

MUHAMMAD, DNEIS ROEM ROYEN (2024) PENGARUH PROPORSI SEPEDA MOTOR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS DI JALAN SRIWIJAYA KOTA MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Similarity Check)
MUHAMMAD DNEIS RR.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sepeda motor adalah transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya, Sepeda motor memiliki fleksibilitas bermanuver dan lebih ekonomis menjadi alesan pemilihan moda tersebut hal ini mempengaruhi pada kinerja ruas Jalan Sriwijaya yang berbagai pusat pelayanan kota, perkantoran, perdagangan umum dan perbelanjaan. Tujuan penelitian untuk memperoleh volume lalu lintas, kecepatan , dan tingkat pelayanan jalan. Tingkat pertumbuhan sepeda motor sangat tinggi yang mempengaruhi kinerja pada ruas Jalan Sriwijaya. Dominasi sepeda motor dalam arus lalu lintas di jalan memerlukan perhatian khusus dikarenakan berbagai parameter lalu lintas saat ini belum mempertimbangkan pengaruh perubahan proporsi sepeda motor. Data yang digunakan dalam penelitian inni ada dua (2), data primer dan data skunder, pengambilan data primer dilakukan dengan jenis survei manual untuk mencatat pengumpulan data primer. Meliputi survei volume lalu lintas, survei geometrik jalan dan survei hambatan samping, untuk data sekunder sudah terstruktur melalui literature review jurnal. Standar penelitian Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) sumber dari informasi perpustakaan internet. Penelitian dilakukan dari jam 07.00-18.00 pada hari Minggu, senin dan rabu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu volume terbesar lalu lintas terjadi pada hari Senin, 15 Januari 2024, jam 07.00-08.00 arah Ampenan didapatkan 828.95 smp/jam. Dan untuk yang arah Cakranegara jam 08.00-09.00 di dapatkan volume 668.4 smp/jam. Proporsi sepeda motor terbesar di ruas Jalan Sriwijaya pada hari Senin arah Ampenan dengan total 70,17 % dengan nilai (DS) sebesar 0,28, di bandingkan arah Cakranegara jika di lihat nilai (DS) 0,25 pada hari senin arah Cakranegara dan memiliki proporsi sepeda motor sebesar 79,27 % pada proporsi Jalan Sriwijaya dan memiliki tingkat pelayanan jalan A ( A <0,60 ). Hasil analisa diperoleh rata-rata proporsi sepeda motor terbesar hari Senin arah Cakranegara 76,40 % dengan kecepatan 1,09 km/jam, di bandingkan arah Ampenan rata-rata proporsi terkecil 70,10 % dengan kecepatan 0,56 km/jam.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Thesis advisorNURUL, HIDAYATInidn0815049401
Uncontrolled Keywords: Proporsi Sepeda Motor, Pengaruh, Kinerja Ruas Jalan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: M. dneis Roem Royen
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:45
Last Modified: 04 Mar 2024 06:45
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8526

Actions (login required)

View Item View Item