PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MASALAH PADA MATA PEMBELAJARAN MUATAN IPA KELAS IV SDN 28 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024

APRILIANICAHYATI, APRILIANICAHYATI (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MASALAH PADA MATA PEMBELAJARAN MUATAN IPA KELAS IV SDN 28 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPI_APRILIANICAHYATI ACC 01.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model Problem based learning (PBL) merupakan suatu proses pembelajaran yang bercirikan adanya serangkaian kegiatan pemecahan masalah, sehingga selain siswa dapat mempelajari konsep-konsep yang berhubungan dengan masalah tetapi siswa juga memahami metode ilmiah yang digunakan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model problem based learning terhadap kemampuan analisis masalah pada mata pembelajaran IPA kelas IV SDN 28 Mataram. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian quasi eksperimental designe dengan jumlah sampel 40 siswa kelas IV SDN 28 Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel (4.100≥ 2,021), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Hal ini menunjukkan, bahwa hipotesa (Ha) yang berbunyi bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan analisis masalah pada mata pembelajaran IPA kelas IV SDN 28 Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024, dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Analisis Masalah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Aprilianicahyati Aprilianicahyati
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:42
Last Modified: 08 Mar 2024 07:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8482

Actions (login required)

View Item View Item