PPKn TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS NW DAMES KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2023/2024

M. RIAN, SYAHID (2024) PPKn TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS NW DAMES KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (25MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Similarity Check)
M RIAN SYAHID (2).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi digital saat ini dapat membantu guru membuat semua bahan ajar atau media pembelajaran yang sangat dibutuhkan dan mampu mengembangkan wawasan yang luas dan lebih gampang untuk disampaikan kepada siswa-siswi, dan memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan akses ke media internet untuk menambah wawasan dan bahan informasi terkait materi pelajaran dan dengan mudah mempelajarinya. Sehingga terdapat perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan media internet. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi experimen yang dilakukan tanpa pengacakan (rendom), tetapi melibatkan partisipan ke kelompok. Dan pendekatan kuantitatif merupakan suatu cara yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian yang berkaitan dengan data berupa angka. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang mana hasil penelitiannya disajikan dalam bentuk deskriptif yang menggunakan angka. Adapun penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kuantitatif dengan mengetahui terdapat perbedaan atau tidak terdapat perbedaan dengan penggunaan internet sebagai sumber pembelajaran PPKn sebagai prestasi siswa dengan cara mengidentifikasikan indikator-indikator dari masing-masing variabel, baik variabel bebas (x) maupun variabel terikat (y).Penelitian ini dilaksanakan di MTs NW Dames Desa Dames Damai Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Hasil penelitian pembelajaran kelas experimen yaitu menggunakan media internet lebih baik digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa karena dilihat dari nilai rata-rata kelompok kelas experimen 70,24 lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kelas kontrol 56,57. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh dari penggunaan media internet sebagai sumber pembelajaran PPKn dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTS NW Dames. Dengan adanya pengaruh tersebut, maka implikasi teoritisnya adalah siswa yang menggunakan media internet sebagai salah satu sumber belajarnya akan memiliki prestasi yang lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan media internet dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKamaluddin, H. Ahmadnidn08957630021
Thesis advisorCandra, Candranidn0810058503
Uncontrolled Keywords: Internet, Pembelajaran PPKn, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: M. rian Syahid
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:26
Last Modified: 04 Mar 2024 06:26
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8431

Actions (login required)

View Item View Item