KONTRIBUSI PELAKU WISATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH MELALUI SEKTOR PARIWISATA (Studi kasus 3 Gili Tahun 2017/2018 Lombok Utara)

WIWIK, MAPILIA (2020) KONTRIBUSI PELAKU WISATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH MELALUI SEKTOR PARIWISATA (Studi kasus 3 Gili Tahun 2017/2018 Lombok Utara). undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh peneliti, dalam penelitian ini terkait dengan Kontribusi Pelaku Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Melalui Sektor Pariwisata. Objek pariwisata guna menunjang pendapatan asli daerah di Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini dilakukan untuk menggali secara mendasar dan mendalam terhadap bahan yang akan dikaji untuk memproleh hasil yang dicapai. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pendapatan pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara melalui sktor pariwisata di Desa Gili Indah. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan data sekunder. Metode penelitian ini menggunakan metode sampling snowball (bola salju) indikator obyek wisata Gili Matra (Trawangan, Meno dan Air) Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Teknis analisis data Redukasi Data (Pemilihan/Soptir), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengembangan wisata Gili Matra antara lain untuk membangun sarana dan prasarana seperti akses untuk menjangkau daerah wisata, alat angkut, sarana dan akomodasi. Membuat promosi obyek wisata, mengembangkan produk wisata, serta melibatkan masyarakat dalam pengelolaan wisata. Jika segala kekuatan dan peluang ditingkatkan serta meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman dengan didukung oleh ke ikutsertaan masyarakat dalam pengembangan yang tepat maka wisata Gili Matra yang terletak di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara akan mampu bersaing dengan obyek wisata yang lain dan secara otomatis akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) yang dihasilkan dari sektor tersebut. Kata Kunci : Pariwisata, Objek Wisata, Pendapatan, Masyarakat

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Objek Wisata, Pendapatan, Masyarakat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 332 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 05:56
Last Modified: 11 Mar 2020 05:56
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item