SUMIATI, SUMIATI (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS I SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER-BAB III.pdf Download (9MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Similarity Check) SKRIPSI SUMIATI 11.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah pengembangan modul ajar pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 1 SD merupakan suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam memahami pembelajarannya, lebih khusus pada siswa SD kelas I pada materi mengenal huruf vokal dan konsonan. Subjek uji coba pada penelitian ini dari 2 subjek, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas II SDN 24 Cakranegara yang berjumlah 7 orang, (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas I SDN 24 Cakranegara yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini bertujuan untuk “Mengembangkan Modul Ajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I SD” yang memenuhi kriteriavalid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4D adalah tahap pendefinisian (Difine), tahap perancangan (Design), tahap pengmbangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian adalah penilaian dari 3 validator ahli dan 3 dari validator praktisi pendidikan maka memperoleh presentasi 81,7% dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba terbatas maka memperoleh nilai 93,0% dikategorikan praktis, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba lapangan maka memperoleh nilai 81,25% dikategorikan praktis, dan penilaian dari hasil tes ketuntasan minat belajar siswa maka memperoleh presentasi 90% dalam kategori sangat efektif.
| Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | |||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia, Minat Belajar | |||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
| Depositing User: | Sumiati Sumiati | |||||||||
| Date Deposited: | 18 Mar 2024 02:22 | |||||||||
| Last Modified: | 18 Mar 2024 02:22 | |||||||||
| URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8399 | 
Actions (login required)
|  | View Item |