PENINGKATAN KEMAMPUAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) MELALUI LITERASI PADA SISWA KELAS III SANGGAR BIMBINGAN (SB) KAMPUNG BHARU KUALA LUMPUR MALAYSIA

ARFINI, ARFINI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) MELALUI LITERASI PADA SISWA KELAS III SANGGAR BIMBINGAN (SB) KAMPUNG BHARU KUALA LUMPUR MALAYSIA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover - bab III ARFINI PPKn.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (887kB)
[img] Text (similatrity check)
SKRIPSI_ARFINI_.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn. Apakah dengan melalui literasi dapat meningkatkan kemampuan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn dikelas III SD Sanggar Bimbingan (SB) Kampung Bharu Kuala Lumpur Malaysia? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) pada Siswa Sanggar Bimbingan (SB) Kampung Bharu Kuala Lumpur Malaysia. Penelitian ini menggunakaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran PPKn dikelas III. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Sanggar Bimbingan (SB) Kampung Bharu Kuala Lumpur Malaysia, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa kelas III. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan minat belajar yang menunjukkan rasa senang dan antusias terhadap pembelajaran PPKn dengan prosentase kondisi awal 48.68%, pada siklus I 67.10%, siklus II 85.52%. Pada perhatian dan konsentrasi saat pembelajaran berlang sungdari prosentase kondisi awal 48.68%, siklus I 61.84%, dan siklus II 89.47%.Pada partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dari prosentase kondisi awal 44.73%, siklus I 65.78%, dan siklus II 82.89%.Pada aspek memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dari prosentase kondisi awal 46.05%, siklus I 61.84%, dan siklus II 88.15%.Kemudian siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar pada pelajaran PPKn, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar sebelum tindakan sebesar 42.1% siswa yang tuntas dalam pembelajaran PPKn. Pada siklus I meningkat sebesar 68.42%, dan di siklus II siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 89.47%. Kesimpulan penelitian ini adalah menunjukkan bahwa tindakan guru tergolong baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInidn0010126601
Thesis advisorSADDAM, SADDAMnidn0826079103
Uncontrolled Keywords: peningkatan, minat, belajar, ppkn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Arfini Arfini
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:38
Last Modified: 04 Mar 2024 06:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8371

Actions (login required)

View Item View Item