IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MENULIS PERCAKAPAN SINGKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING ( PCL) PADA SISWA KELAS III SDN 3 BATUKUMBUNG TAHUN AJARAN 2023

TRI, NADIRA (2023) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MENULIS PERCAKAPAN SINGKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING ( PCL) PADA SISWA KELAS III SDN 3 BATUKUMBUNG TAHUN AJARAN 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
TRI NADIRA.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kamampuan menulis percakapan singkat, permasalahan yang meyebabkan siswa kurang mampu menulis percakapan singkat adalah kurangnya minat siswa dalam menulis dan memilih kosa kata faktor-faktor yang mempengaruhi kamampuan menulis percakapan singkat, serta solusi dalam mengatasi kesulitan menulis percakapan singkat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Batukumbung Desa Batukumbung, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 3 Batukumbung tahun ajaran 2023 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jumlah subjek 18 orang siswa, dan wali kelas III. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan motode observasi, wawancara, dokumentasi dan lembar soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan siswa kelas III dalam menulis percakapan singkat meliputi (1) penggunaan huruf (2) penulisan tanda baca (3) penggunaan kosa kata (4) mentukan tema dan judul. Di simpulkan bahwa yang mempengaruhi kamampuan menulis percakapan singkat adalah karena masih terdapat Sebagian siswa yang belum bisa memahami bagaiman memilih kosa kata dengan baik. Serta siswa siswa masih kebingungan dalam membedakan antara tema dengan judul percakapan. Solusi permasalahan siswa dalam menulis percakapan singkat yaitu siswa dapat memilih kosa kata dan tema yang mereka kuasai.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Thesis advisorBAIQ, DESI MILANDARInidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Percakapan Singkat, Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL).
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Tri Nadira
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:01
Last Modified: 03 Aug 2023 03:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7726

Actions (login required)

View Item View Item