PENGARUH PENGGUNAAAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VII 1 SMPN 1 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mulyati, Mulyati (2019) PENGARUH PENGGUNAAAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VII 1 SMPN 1 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
SAMPUL-BAB III.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Salah satu alternative metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang memungkinkan belajar secara optimal adalah menggunakan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT). Pembelajaran cooperative learning mengupayakan peserta didik mampu mengajarkan kepada peserta lain, memberikan kesempatan peserta didik mempelajari dengan baik pada waktu yang bersamaan. Model pembelajaran numbered head together merupaka model pembelajaran yang mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari,mengelola dan melaporkan informasi dari bebagai sumber yang akhirnya di presentasikan di depan kelas.. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Mata pelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VII 1 SMPN 1 Lembar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 132 siswa dari 5 kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil analisis menunjukan bahwa hasil uji t diperoleh t hitung = 4,958. Hasil uji t tersebut kemudian dikonsultasikan pada ttabel. Dengan taraf signifikan 5% dan db = 24, thitung ≥ ttabel maka hipotesis di terima dengan demikian terdapat pengaruh Penggunaaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VII 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 Kata kunci: Cooperative Learning, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerArif, Arif[email protected]
ReviewerEmiliyati, EmiliyatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:25
Last Modified: 27 Nov 2019 01:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item