ANALISA KESELAMATAN LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN MENGGUNAKAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT) (Studi kasus Bundaran Selaparan, Jalan udayana dan Jalan Adi Sucipto)

DEDEN, HERMANSYAH (2023) ANALISA KESELAMATAN LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN MENGGUNAKAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT) (Studi kasus Bundaran Selaparan, Jalan udayana dan Jalan Adi Sucipto). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
CEK PLAGIASI DEDEN HERMANSYAH (418110091).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi merupakan sarana terpenting dalam suatu negara, berkembang atau tidaknya suatu negara tergantung dari kemajuan transportasi yang ada di negara itu sendiri , permasalahan yang banyak terjadi di Indonesia yaitu tingkat kecelakaan lalu lintas yang sangat tinggi, terutama pada persimpangan yang ada di setiap jalan Indonesia. Kecelakaan di sebabkan oleh 4 faktor yaitu manusia, kendaraan, jalan dan lingkungan. Pada persimpangan Jln. Udayana dan Jln. Adi Sucipto memiliki kepadatan cukup tinggi setiap jalurnya pada saat jam sibuk. Konflik diperkirakan terjadi pada saat jam sibuk, dikarenakan pada jam sibuk kendaraan-kendaraan akan melaju dengan kecepatan tinggi serta pengemudi tidak dalam keadaan waspada. Sedangkan diluar waktu jam sibuk kendaraan-kendaraan melaju dengan kecepatan rata-rata serta tingginya tingkat kewaspadaan pengemudi dan di sinilah konflik akan terjadi. Metode yang digunakan adalah metode Traffic Conflict Technique ini adalah sebuah metode yang di khususkan untuk mengidentifikasi sebuah kecelakaan yang hampir terjadi dan mengkategorikan konflik yang terjadi apakah serius atau tidak. Metode ini pertama kali di kembangkan di negara Swedia dan sekarang sudah banyak di terapkan di berbagai negara berkembang. Lokasi studi adalah persimpangan Jln. Udayana dan Jln. Adi Sucipto. memiliki kepadatan cukup tinggi setiap jalurnya pada saat jam sibuk. Persimpangan Jln. Udayana dan Jln. Adi Sucipto merupakan persimpangan yang termasuk dalam kategori persimpangan serious conflict dengan hasil pengamatan yaitu jumlah serious conflict lebih banyak dari pada non serious conflict yaitu 641 dan 14. Menurut hasil penelitian kecepatan kendaraan yang banyak terlibat dalam konflik yaitu kecepatan 25 – 30 km/jam dengan persentase 33%, sedangkan yang terendah adalah sebesar 5% dengan kecepatan 20-25 km/jam. Hasil dari penelitian di harapkan mampu memberikan gambaran untuk memperkirakan kecelakaan sehingga dapat dilakukan upaya-upaya atau tindakan preventif untuk peningkatan keselamatan lalu lintas dan kenyamanan bagi pengguna jalan dengan cara mengurangi resiko kecelakaan yang mungkin terjadi. Serta mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai suatu bidang dalam perencanaan jalan dan permodelan transportasi, khususnya pada daerah yang berpotensi terjadinya kecelakaan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAGUS, PARTONOnidn0809085901
Thesis advisorHENI, PUJIASTUTInidn0828087201
Uncontrolled Keywords: Transportasi, TCT, Persimpangan, The Swedish Traffic Conflic Technique,Time to Accident
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Deden Hermansyah
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:53
Last Modified: 07 Mar 2023 06:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6861

Actions (login required)

View Item View Item