ANALISIS SISTEM PELAYANAN DAN KARAKTERISTIK PARKIR TERMINAL MANDALIKA

MUH., ULUL AZMI (2023) ANALISIS SISTEM PELAYANAN DAN KARAKTERISTIK PARKIR TERMINAL MANDALIKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI Plagiasi MUH. ULUL AZMI-bismillah.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terminal merupakan sarana fasilitas transportasi darat. Berdasarkan PP 74 Tahun 2014 terminal adalah pangkalan kendaraan umum yang di gunakan untuk mengatur kedatangan dan keberangkatan, menaikkan dan menurunkan orang atau barang, serta perpindahan moda angkutan. Sejak dahulu hingga sekarang terminal masih sangat di butuhkan untuk membantu mobilitas masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan perekonomian serta meningkatkan pariwisata daerah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan dan karakteristik dari sebuah parkiran Terminal, dengan menggunakan metode survey sekali waktu (Cross-sectional survey) yaitu mengumpulkan data untuk waktu tertentu saja dengan tujuan menggambarkan kondisi lokasi studi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa akumulasi parkir tertinggi untuk motor dengan 173 kendaraan dengan indeks parkir sebesar 130,08 % dengan demikian ruang parkir yang tersedia tidak dapat menampung jumlah permintaan parkir, akan tetapi dengan volume parkir kendaraan maksimum pada motor dengan jumlah 439 kendaraan dengan durasi rata-rata parkir 6,826 menit perhari menghasilkan kebutuhan ruang parkir sebesar 374,58 kendaraan/hari yang berarti ruang parkir untuk kendaraan motor dapat tercukupi pada Terminal Mandalika. Untuk mobil dengan 46 kendaraan dengan indeks parkir sebesar 54,76 % dengan demikian ruang parkir yang tersedia dapat memenuhi/menampung jumlah permintaan parkir. Untuk kendaraan jenis bus memiliki akumulasi parkir tertinggi dengan jumlah 16 kendaraan dengan indeks parkir sebesar 20%, akan tetapi dengan volume parkir kendaraan maksimum pada kendaraan jenis bus pada hari minggu dengan jumlah 25 kendaraan dengan durasi parkir rata-rata 72,7 menit perhari menghasilkan kebutuhan ruang parkir sebesar 227,19 kendaraan/hari yang dimana dengan jumlah kendaraan sebesar 227,19/hari mustahil untuk menampung kendaraan jenis bus dengan durasi parkir rata-rata tersebut. Maka dari itu perlunya melakukan penelitian lebih detail faktor-faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Pola parkir yang digunakan untuk jenis kendaraan bus dan motor menggunakan Pola Parkir Sudut 90⁰, sedangkan untuk mobil menggunakan pola sudut parkir 60⁰ agar lebih mudah bermanuever.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorAGUSTINI, ERNAWATInidn0810087101
Uncontrolled Keywords: Pelayanan dan Karakteristik Parkir, Terminal, Kendaraan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: muh ulul azmi
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:14
Last Modified: 24 Feb 2023 07:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6808

Actions (login required)

View Item View Item