PENGARUH METODE MENYIMAK CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS V SD AISYIYAH I MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

Srikandi, Srikandi (2023) PENGARUH METODE MENYIMAK CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS V SD AISYIYAH I MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_SRIKANDI_NIM 118180107_PGSD.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV_SRIKANDI_NIM 118180107_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_SRIKANDI_NIM 118180107_PGSD.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
222 REVISI SKRIPSI SRIKANDI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Upaya guru untuk mengatasi permasalahan diatas guru menggunakan sebuah wacana yang dapat disimak siswa penggunaan wacana ini diharapkan dapat membangkitkan ketertarikan dan motivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan menyimaknya kemudian menuangkan dalam bentuk tulisan apa yang telah disimaknya karena siswa merasa tertarik dengan wacana yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode menyimak cerpen terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas V SD Aisyiyah I Mataram. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian Quasi Eksperimental designe dengan jumlah sampel 40 siswa kelas V di SD Aisyiyah I Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan non test dan tes untuk mengetahui hasil belajar dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel (2,549>2,024), dan nilai sig ≤ 0,05 (0,015 ≤ 0,05) jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa dapat berpengaruh pada metode menyimak cerpen terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas V SD Aisyiyah I Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Nizaarnidn0821078501
Thesis advisorArpan, Islami Bilalnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyima, Kemampuan Menulis Cerpen
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Srikandi Srikandi
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:33
Last Modified: 24 Feb 2023 07:33
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6803

Actions (login required)

View Item View Item