KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NW JUET DESA LEPAK TIMUR KECAMATAN SAKRA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023

HAIKAL, KAHFI FAUZAN (2023) KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NW JUET DESA LEPAK TIMUR KECAMATAN SAKRA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (769kB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI VALID HAIKAL.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kreativitas guru bahasa arab dalam pembelajaran bahasa arab dan untuk mengetahui minat belajar bahasa arab siswa melalui pembelajaran yang kreatif di Madrasah Nahdhotul Wathon Juet Desa Lepak Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun hasil peneltian skrpisi ini yaitu: 1) Bentuk kreativitas guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa yaitu: a) Perencanaan pembelajaran. Guru Bahasa Arab dinilai kurang dalam mendesain dan mengembangkan media pembelajaran, guru bahasa arab kurang dalam memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran, guru bahasa arab kurang dalam mengelola proses pembelajaran. b) Proses pembelajaran. Guru Bahasa Arab kurang mengembangkan kreativitasnya dalam mengatur ruang belajar, guru Bahasa Arab kurang mengembangkan kreativitas dalam mengatur suasana belajar, guru Bahasa Arab kurang dalam mengelola interaksi belajar. Guru Bahasa Arab dalam memilih metode pembelajaran yang tepat. Guru Bahasa Arab kurang dalam mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat. c) Menilai hasil belajar siswa. Guru Bahasa Arab dinilai telah mampu memberikan penilain terhadap hasil belajar siswa baik dari proses pembelajaran, ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. 2) Minat belajar siswa Melalui pembelajaran yang kreatif yaitu: a) Menggunakan teknik bernyanyi. Minat belajar dinilai meningkat dilihat dari antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dan antusias siswa dalam bernyanyi untuk menghafal mufrodat. b) dengan Ice breaking. Minat siswa dinilai meningkat dilihat dari ketertarikan siswa dalam menghafal mufrodat, bermain sambung cerita, dan bernyanyi untuk menghafal mufrodat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNASARUDIN, NASARUDINnidn083112774
Thesis advisorNURJANNAH, NURJANNAHnidn0803128508
Uncontrolled Keywords: Kretivitas, Guru bahasa arab, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Haikal Kahfi Fauzan
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:23
Last Modified: 09 Feb 2023 08:23
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6525

Actions (login required)

View Item View Item