MITA, INDRIATI (2023) PENGARUH MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER-BAB III.pdf Download (4MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (similarity check) MITA.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Eksperimental Research (Penelitian Eksperimen Semu) dengan menggunakan media kartu kuartet. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas I SDN 14 Mataram dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa dan siswa kelas I SDN 38 Mataram dengan jumlah 29 siswa dengan jumlah total 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas I SDN 14 Mataram sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas I SDN 38 Mataram sebagai kelas Kontrol, dengan jumlah 29 siswa. Hasil nilai rata-rata yang ditunjukkan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 62,33 dan setelah dilkukan post-test meningkat menjadi 77,38 untuk kelas kontrol sendiri diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 60,93 dan post-test mengalami peningkatan menjadi 66,06. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan siswa menggunakan rubrik penilaian berupa pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 25 for windows. Pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai sig. 0,713 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh dari penggunaan media kartu kuartet terhadap kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas I SD
| Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | |||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Media Kartu Kuartet, Kemampuan Membaca Permulaan | |||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
| Depositing User: | Mita Indriati | |||||||||
| Date Deposited: | 24 Jan 2023 04:23 | |||||||||
| Last Modified: | 24 Jan 2023 04:23 | |||||||||
| URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6399 | 
Actions (login required)
|  | View Item |