INOVASI PELAYANAN KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN LOMBOK UTARA

RIAN, PRADIKA (2022) INOVASI PELAYANAN KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN LOMBOK UTARA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SMILARITY CEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan zaman berbanding lurus dengan perubahan yang terjadi di tengah masyarakat, salah satunya ditandai dengan perkembangan teknologi. Segala aspek kehidupan mengalami pergeseran yang signifikan. Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) yang tengah terjadi saat ini salah satunya dapat dicegah penularan serta penyebarannya melalui pembatasan interaksi antar individu (social distancing). Sehingga, aktivitas pelayanan publik perlu menerapkan praktek inovasi guna memastikan kegiatan pelayananan tetap terlaksana meski di tengah keadaan pandemi. Inovasi ini salah satunya diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lombok Utara yang menerapkan Layanan Administrasi Kependudukan Online Ready (Lapak Kelor). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan dan faktor pendukung serta penghambat praktek Inovasi Layanan Administrasi Kependudukan Online Ready (Lapak Kelor). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Sehingga data yang diperoleh dalam penelitian akan dilakukan analisis mendalam dan kemudian dituangkan dalam narasi deskriptif guna menggambarkan objek penelitian secara jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya praktek Inovasi Layanan Administrasi Kependudukan Online Ready (Lapak Kelor) yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Utara tergolong efektif. Hal ini dikarenankan sejak pertama kali diterapkan hingga saat ini praktek inovasi dapat diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempermudah proses pengurusan dokumen administrasi kependudukan. Sehingga akses terhadap layanan dapat dijangkau oleh masyarakat tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu sesuai dengan hajat penerapannya. Faktor yang mendukung penerapan inovasi ini antara lain: a) Pengembangan Kepemimpinan; b) Pengembangan Tim Kerja; dan c) Pengembangan Jaringan. Sedangkan faktor penghambat diantaranya: a) Keterbasan Sarana dan Prasarana; dan b) Kesiapan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSITI, ATIKA RAHMInidn0815118302
Thesis advisorIWIN, ARDYAWINnidn0818059002
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Layanan Publik, Administrasi Kependudukan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rian Pradika
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:10
Last Modified: 23 Sep 2022 04:10
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item