ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN( STUDI KASUS JL. MAJAPAHIT – DEPAN TAMAN BUDAYA PROVINSI NTB )

IHTIAR, IHTIAR (2022) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN( STUDI KASUS JL. MAJAPAHIT – DEPAN TAMAN BUDAYA PROVINSI NTB ). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text (similarity check)
IHTIAR PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ruas jalan majapahit dikota mataram merupakan salah satu akses jalan untuk pusat perbelanjaan, perkantoran, perhotelan dan juga universitas tertentu sehingga memiliki volume lalulintas yang relatif tinggi terutama pada saat jam-jam sibuk. Bertambahnya volume jumlah kendaraan, mengakibatkan tingginya titik rawan kemacetan disertai meningkatnya jumlah angka kecelakaan dikarenakan semakin padatnya jumlah kendaraan yang melintas sehingga jaringan jalan sering terganggu. Usaha untuk meminimalisir permasalahan pergerakan Lalu lintas dapat dilakukan dengan pembuatan median. Dalam perencanaan median disediakan pula bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan U-Turn. Salah satu pengaruh ketika melakukan gerak U-Turn yaitu terhadap kecepatan kendaraan dimana kendaraan akan melambat atau berhenti. Perlambatan ini akan mempengaruhi arus lalu lintas pada arah yang sama maupun dari arah yang berlawanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tempuh kendaraan U-Turn, mengetahui Panjang antrian kendaraan U-Turn, dan mengetahui tingkat pelayanan jalan majapahit kota mataram. Pengambilan data dilakukan selama 3 hari dengan cara survei langsung pada lokasi penelitian, data yang diambil meliputi: geometrik jalan, volume lalu lintas, kecepatan kendaraan yang melakukan U-turn, panjang antrian kendaraan yang melakukan U-Turn. Data yang diambil dianalisa dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Dari hasil analisa menunjukan waktu tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn sebesar 42,22 detik, Panjang antrian kendaraan saat melakukan U-Turn adalah 29 m, dan untuk tingkat pelayanan Jalan Majapahit berada pada kategori B.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: U-Turn, Waktu Tempuh, Tingkat Pelayanan Jalan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ihtiar Ihtiar
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:06
Last Modified: 21 Sep 2022 03:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5965

Actions (login required)

View Item View Item