STRATEGI POLITIK KEMENANGAN H. DJOHAN SJAMSU DAN DANI CARTER RIDAWAN PEBRIANTO, S.T., M.ENG (JODA AKBAR) DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KEPALA DAERAH KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2020

TOMI, ZAKARIA WIDODO (2022) STRATEGI POLITIK KEMENANGAN H. DJOHAN SJAMSU DAN DANI CARTER RIDAWAN PEBRIANTO, S.T., M.ENG (JODA AKBAR) DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KEPALA DAERAH KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
Tomi Zakaria Widodo.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Politik apakah yang digunakan oleh Joda Akbar Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lombok Utara Tahun 2020 dan untuk mengetahui Apa saja factor pendukung Kemenangan Joda Akbar Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2020? Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 1) Aspek Product dapat dilihat dari indicator (a) Aspek Loyality dapat dilihat dari Pasangan Calon Joda Akbar juga menyusun product pada Pilkada 2020, dengan membangun kepercayaan terhadap public (Trust). (a) Dimensi Peribadi: Pasangan Calon Joda membangun memiliki kekuatan dalam membangun keperibadaaan terhadap masyarakat. 2) Aspek Promosi dari di lihat dari Indikator yaitu (a) Ide dan Gagasan. Pasangan Calon Joda Akbar menggunakan berbagai strategi politik dalam memenangkan pertarungan politik di daerah, selain menggunakan pendekatan secara persuasip, juga menggunakan marketing politiknya melalui instrument media masa, seperti Media cetak, media elektonik, mobile, luar ruangan maupun internet. Pasangan Joda Akbar, menggunakan media sosial sebagai salah satu instrument promosi untuk memperkenalkan citra diri mereka di mata public, seperti: membuat Relawan Joda Akbar disetiap Kecamatan melalui Media Sosial Facebokk “Relawan Joda Akbar”. (b) Idiologi. Pertarungan pilkada Lombok Utara tidak hanya dilihat dari sisi ide dan gagasan calon dan partai politik namun juga berkaitan dengan pertarungan idiologi 2 (dua ) organisasi besar di Lombok Utara. 3) Aspek Tempat (place) dengan membentuk tim sampai kepada melaksanakan kegiatan rotso (kujungan kepada wargga masyarakat yang menjadi basis suara pasangan calon. Selain itu juga metode kampanye dengan memasang baliho-baliho, spanduk, leaplet, sebagai bahan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik itu basis maupun non basis.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorAYATULLAH, HADInidn0816057902
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemilihan, Politik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 324 Proses Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Tomi Zakaria Widodo
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:17
Last Modified: 14 Sep 2022 07:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5646

Actions (login required)

View Item View Item