ANALISIS KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN OPAC ( Online Public Accses Catalog) DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NTB

AINUN, NADIRA (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN OPAC ( Online Public Accses Catalog) DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NTB. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
ANALISIS_KUALITAS_PELAYANAN_MENGGUNAKAN_OPAC___Onl.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi NTB, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah kualitas pelayanan menggunakan aplikasi OPAC (online public accses catalog) dan factor-faktor penghambat dalam menggunakan aplikasi OPAC (online public accses catalog). Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, pemilihan informan penelitian ini dilakukan dengan tehnik purposive sampling dengan 2 orang pegawai Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi NTB sebagai key informan, dan menjadikan masyarakat sebagai informan utama atau pengguna OPAC sebanyak 3 orang. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, untuk metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 5 indikator pelayanan menurut Atep (2003:31), yaitu meliputi : sikap, kemampuan, tindakan, perhatian, tanggung jawab, pada layanan di perpustakaan. Menunjukan bahwa pelayanan yang di berikan berdasarkan indicator pelayanan sudah cukup baik dan sudah baik, sehingga dapat disimpulkan, analisis kualitas pelayanan menggunakan OPAC di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi NTB sudah dikatakan cukup baik. Meskipun masih ada factor penghambat dalam pelayanan seperti kurangnya computer sebagai layanan OPAC, kurangnya kesadaran pengunjung dalam memanfaatkan aplikasi OPAC, lalu standar koleksi yang terdapat dalam data OPAC, kurangnya bakat pustakawan dalam berkomunikasi, serta terdapatnya pustakawan yang tidak begitu mahir dalam dunia perpustakaan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorISKANDAR, ISKANDARnidn0802048904
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, OPAC (Online Public Accses Catalog), Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi NTB.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: AINUN NADIRA
Date Deposited: 16 Mar 2022 08:34
Last Modified: 16 Mar 2022 08:34
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4902

Actions (login required)

View Item View Item