PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 4 SAPE TAHUN PELAJARAN 2019

YAYAT, INDRAWATI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 4 SAPE TAHUN PELAJARAN 2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER BAB I-III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V- LAMPIRAN.pdf

Download (629kB)
[img] Text (similarity check)
39%%PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_STAD_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Masalah pembelajaran matematika di SMPN 4 SAPE yaitu rendahnya motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Aritmatika sosial kelas VII. SMPN 4 SAPE tahun pelajaran 2019. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran yang sederhana, dimana siswa ditekankan dapat bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, saling membantu dan berdiskusi bersama untuk menyelesaikan tugas tertentu serta untuk mencapai tujuan tertentu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan , tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Aritmatika sosial mengalami meningkatkan. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan motivasi siswa dan prestasi belajar siswa. Motivasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I 57,95 (kategori sedang) menjadi 75,67(kategori tinggi) pada siklus II. Sedangkan prestasi belajar siswa terlihat dari hasil evaluasi pada akhir siklus mengalami meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 71,42%dan 90,47% pada siklus II. Sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII. SMPN 4 SAPE tahun pelajaran 2019. Hal ini disebabkan karena model pembelajaan kooperatif tipe STAD dapat mengaktifkan siswa secara berkelompok dan berdiskusi, dituntut untuk berbicara, mengemukakan pendapat, menyanggah maupun menanggapi serta menjalin kerja sama yang baik antar anggota kelompok.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSIRAJUDDIN, SIRAJUDDINnidn0802128701
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, STAD Motivasi,Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: YAYAT INDRAWATI
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:00
Last Modified: 21 Mar 2022 07:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4807

Actions (login required)

View Item View Item