PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA RODA PUTAR BERGAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEMA 2 PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

NUR, WAHYUNI (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA RODA PUTAR BERGAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEMA 2 PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III NUR WAHYUNI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV NUR WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V -LAMPIRAN NUR WAHYUNI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
44% PENGARUH_PEMANFAATAN_MEDIA_RODA_PUTAR_BERGAMBAR_TE (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Media roda putar gambar adalah alat komunikasi berupa gambar yang berurutan atau bersambungan dan berhubungan satu sama lainnya. Selain itu media roda putar bergambar juga menampilkan keterkaitan isi materi yang ingin disampaikan dengan kenyataan. Sehingga media roda putar bergambar dapat ditangkap dengan baik dalam proses pembelajaran karena adanya interaksi antara konteks materi pelajaran dengan mediaroda putar bergambar siswa. Rumusan dari peneitian ini adalah; Apakah ada pengaruh pemanfaatan media roda putar bergambar terhadap pemahaman konsep tema 2 pada siswa kelas III SDN Aisyiyah 1 Mataram”?. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 30 siswa terdiri dari 15 siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa 15 siswa kelas III sebagai kelas kontrol di SDN Aisyiyah 1 Mataram, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen samplet-test. Hasil penelitian ini menunjukanbahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel ((3,614≥ 2,048), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.001 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima.Hal ini menunjukkan, bahwa hipotensi (Ha) yang berbunyi teradapat pengaruh pemanfaatan media roda putar bergambar terhadap pemahaman konsep tema 2 pada siswa kelas III Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2021/2022 dinyatakan diterima, sedangkan hipotesis alternatif nol (Ho) yang berbunyi tidak terdapat pengaruh pemanfaatan media roda putar bergambar terhadap pemahaman konsep tema 2 pada siswa kelas III Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2021/2022, dinyatakan ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Nizaarnidn0821078501
Thesis advisorNursina, Sarinidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Media Roda Putar Gambar, Pemahaman Konsep Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NUR WAHYUNI
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:13
Last Modified: 21 Mar 2022 07:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item