PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

NADIRA, MUFIDA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover-Bab III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
48%PENGEMBANGAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_BERBASIS_CONTE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran merupakan suatu sarana yang mempunyai fungsi untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui desain perangkat pembelajaran matematika materi bangun datar berbasis CTL untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. (2) Untuk mengetahui kevalidan/kelayakan perangkat pembelajaran matematika materi bangun datar berbasis CTL untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. (3) Untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran matematika materi bangun datar berbasis CTL untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model Borg and Gall (potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk akhir, dan produksi masal). Peneliti hanya melakukan penelitian sampai tahap ke delapan yaitu uji coba pemakaian. Pengembangan perangkat pembelajaran ini telah dinyatakan sangat valid oleh ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran. Hasil kevalidan yang di dapat dari ahli media dengan persentase 92,2% atau dapat dikategorikan sangat valid sedangkan ahli materi dalam pemerolehan nilai persentasenya adalah 89,2% atau dapat dikategorikan sangat valid. Sedangkan berdasarkan uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil respon siswa SDN 02 Karang Bongkot mendapatkan nilai persentasi 89,6% dengan kriteria skor sangat praktis, kemudian hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai persentase 90,1% dengan kriteria sangat baik dan hasil keefektifan siswa SDN 02 Kuranji mendapatkan nilai persentase 87,2% dengan kriteria skor sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIntan, Dwi Hastutinidn0823078802
Thesis advisorYuni, Mariyatinidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis CTL.Valid, Praktis dan efektif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NADIRA MUFIDA
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:56
Last Modified: 21 Mar 2022 07:56
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4538

Actions (login required)

View Item View Item