ANALISA KINERJA PERSIMPANGAN BERSINYAL STUDI KASUS PADA SIMPANG EMPAT SWETA KOTA MATARAM

SANI, JULIYAN (2022) ANALISA KINERJA PERSIMPANGAN BERSINYAL STUDI KASUS PADA SIMPANG EMPAT SWETA KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER DAN BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
48% ANALISA_KINERJA_PERSIMPANGAN_BERSINYAL_STUDI_KASUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Persimpangan sebagai pertemuan dua atau lebih ruas jalan yang memiliki peranan yang sangat penting untuk lebih lancar dan terarahnya arus lalulintas. Kondisi persimpangan yang kurang baik, sering mengakibatkan kemacetan dan tundaan yang akhirnya berakibat terjadinya kecelakaan lalulintas. Latar belakang dari skripsi ini karena terjadinya beberapa konflik banyaknya pejalan kaki dan pedagang kakilama, kurang disipinnya pengemudi dalam mematuhi peraturan lalulintas. Manfaat yang diperoleh dari hasil study ini dapat dijadikan duta awal dalam penentuan kebutuhan lalulintas. Langkah pengerjaan penelitian ini yaitu dengan cara mengumpulkan data berupa data primer dan skunder. Penelitian dilakukan pada simpang bersinyal Sweta Kota Mataram. Penelitian dilakukan dengan memperhatikan faktor-faktor teknis yang mempengaruhi simpang bersinyal yaitu volume lalu lintas, geometrik jalan dan tata guna lahan sepanjang ruas jalan tersebut. Penelitian dilakukan selama 3 (tiga) hari yaitu pada tanggal 14, 16 dan 18 desember 2021, dimana dalam sehari pengamatan dilakukan setiap 15 menit pada setiap lengan mulai pukul 07.00 s/d pukul 18.00 wita. Dalam melakukan Analisa kinerja persimpangan bersinyal pada studi ini menggunakan metode MKJI-1997. Dari hasil analisa kinerja persimpangan bersinyal pada simpang empat sweta kota mataram maka didapat nilai sebagai berikut, pada jalan tgh faisal dengan kapasitas 448, panjang antrian 831, dan derajat kejenuhan 1,53, jalan selaparang dengan kapasitas 419, panjang antrian 785 dan derajat kejenuhan 1,53, jalan ahmad yani dengan kapasitas 318, panjang antrian sebesar 439 dan derajat kejenuhan sebesar 1,37, jalan sandubaya dengan kapasitas 315, panjang antrian 2004, dan derajat kejenuhan 2,84.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorAGUS, PARTONOnidn0809085901
Uncontrolled Keywords: Analisis Kinerja Simpang; Metode Perhitungan MKJI-1997; Volume Arus Lalu Lintas
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Sani Juliyan
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:02
Last Modified: 09 Mar 2022 02:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4489

Actions (login required)

View Item View Item