PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN

FARIDA, FARIDA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
BAB I, BAB II DAN BAB III pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V DAN LAMPIRAN pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
perbaiki tipo PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_PERMAINAN_RODA_KEB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media pembelajaran adalah suatu alat bantu yang bisa menarik perhatian, minat dan motivasi siswa dalam belajar, khususnya pada siswa kelas V sekolah dasar. Untuk mencapai pembelajaran yang lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sekolah dasar pada tema peristiwa dalam kehidupan yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Prosedur penelitian yang digunakan peneliti yaitu model pengembangan(Research and Development/R&D)yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran permainan roda keberuntungan yang telah memenuhi kategori sangat layak berdasarkan penilaian yang diberikan oleh ahli media mendapatkan persentase 91,25% ahli materi mendapatkan persentase 95,62% ataupun praktisi pembelajaran serta angket respon siswa mendapatkan persetase 95% dan observasi guru mendapatkan persentase 95%. Pada uji kevalidan dan uji kepraktisan, dan media pembelajaran permainan roda keberuntungan juga dinyatakan efektif setelah dilakukan tes uji coba lapangan dengan perolehan skorpretest 48,44 dan skor posttest 93,77 maka diperoleh gain standar 0,88. Hasil tes uji coba lapangan dengan perhitungan gain standar menunjukan selisih antara pretest dan posttest termasuk dalam kategori tinggi. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan data hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran roda keberuntungan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran permainan roda keberuntungan, Hasil belajar siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: FARIDA FARIDA
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:12
Last Modified: 21 Sep 2021 02:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3471

Actions (login required)

View Item View Item