PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (IRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SDN 22 MANGGELEWA

NURKAIMAH, NURKAIMAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (IRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SDN 22 MANGGELEWA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_NURKAIMAH_NIM 116180026_PGSD.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_NURKAIMAH_NIM 116180026_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN_NURKAIMAH_NIM 116180026_PGSD.pdf

Download (3MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
46%PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_INTEGR_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Integrated Reading and Composition (IRC) adalah salah satu solusi yang digunakan peneliti untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dalam menanggapi sebuah informasi penting dari teks bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Integrated Reading and Composition (IRC) terhadap kemampuan membaca peserta didik di kelas IV pada materi peduli terhadap makhluk hidup SDN 22 Manggelewa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Integrated Reading and Composition (IRC) terhadap kemampuan membaca peserta didik di kelas IV pada tema peduli terhadap makhluk hidup SDN 22 Manggelewa”. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dar hasil perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 3,683 > 1,601 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan H_0 ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Integrated Reading and Composition (IRC) dan Kemampuan Membaca
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NURKAIMAH NURKAIMAH
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:20
Last Modified: 14 Sep 2021 06:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item