PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 5 DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR

KAMALADINI, KAMALADINI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 5 DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Media papan pintar merupakan media yang dikemas untuk melatih keaktifan menjawab siswa dan mengetahui motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Motivasi adalah daya pendorong atau penggerak yang terdapat pada diri peserta didik untuk melakukan aktivitas dalam rangka mencapai tujuannya tertentu.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari media papan pintar terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di kelas 1 sekolah dasar.. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang dilakukan dari langkah pertama sampai langkah ke sembilan yaitu Research and information collecting (Penelitian dan Pengumpulan Data), Planning (Perencanaan), Develop preliminary form of product (Pengembangan Draft Produk), Preliminary field testing (Uji coba Lapangan Awal), Main product revision (Merevisi Hasil Uji coba), Main field testing ( Uji Coba Lapangan Utama), Operational product revision (Penyempurnaan produk hasil uji lapangan), Operationa field testing (Uji pelaksanaan Lapangan operasional/Empiris), dan Final product revision (Penyempurnaan produk akhir). Dari hasil validasi menunjukan kevalidan yang terbukti dengan hasil validasi media, materi dan validator praktisi yaitu 97,45% sangat layak, Hasil kepraktisan media pembelajaran papan pintar yang diperoleh dari data kelas 2 sebagai Uji lapangan Utama didapatkan data persentase 89,69% pada kriteria Sangat praktis, Dari hasil Gain standar sebesar 0,95 yang menunjukan peningkatan motivasi siswa berada pada kriteria tinggi

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARSYAD ABD, GANInip195812311978031055
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Media papan pintar, motivasi, model Borg and Gall
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Kamaladini Kamaladini
Date Deposited: 11 Sep 2021 22:46
Last Modified: 11 Sep 2021 22:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item