PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMPN 1 BOLO KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MUAMAR, KADAFI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMPN 1 BOLO KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
cover - BAB 3.pdf

Download (869kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV edit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V -LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
MUAMAR_KADAFI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa dapat memotivasi siswa untuk belajar mandiri dalam kondisi pendemi covid-19 seperti sekarang ini, sangat banyak hal yang perlu diperhatikan apalagi pada pembelajaran abad 21 sangat memerlukan teknologi sebagai media digital untuk membantu proses belajar selain itu juga masih banyak siswa yang tidak menguasai teknologi dengan baik sehingga akan menjadi suatu permasalahan yang akan mempengaruhi kelancaran pembelajaran, terhambatnya proses pemebelajaran oleh jaringan dan keterbatasan kuota, serta kurangnya pengawasan orang tua terhadap siswa yang sedang melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan keterampilan belajar siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring Di SMPN 1 Bolo Kabupaten Bima. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dengan sampel dalam penelitian ini yaitu 40 orang siswa yaitu 20 siswa kelas VII unggulan dan 20 siswa VII A. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, test, dan observasi sedangkan metode analisis data yaitu uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel (5,136 > 2,024), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan Di SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAINI, BIDAYAnidn0814065701
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196905062007012037
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: MUAMAR KADAFI
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:51
Last Modified: 01 Sep 2021 02:51
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2725

Actions (login required)

View Item View Item