ANALISIS STRATEGI PERKEMBANGAN OBJEK WISATA DI PANTAI GADING TANJUNG KARANG SEKARBELA

IMAM HELMI, EFENDI (2021) ANALISIS STRATEGI PERKEMBANGAN OBJEK WISATA DI PANTAI GADING TANJUNG KARANG SEKARBELA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pariwisata pada prinsipnya merupakan kegiatan yang mengharapakan kedatangan konsumen secara langsung di tempat wisata yang diselenggarakan Aset yang penting untuk menarik kunjungan wisatawan adalah keaslian, kenyamanan, dan keindahan alam. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peluang, ancaman, kelebihan, dan kekurangan pada wisata Pantai Gading Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Sekerbela Kota Mataram, Kepariwisataan juga dapat memberikan dorongan dan sumbangan terhadap pelaksanaan pembangunan proyek-proyek berbagai sektor bagi negara-negara yang telah berkembang atau maju ekonominya, dimana pada gilirannya industri pariwisata merupakan suatu kenyataan ditengah-tengah industri lainnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Perlu dikemukakan, mengapa penulis menggunakan metode kualitatif karena permasalahan dalam penelitian ini belum jelas, holistik, kompleks, dinamis dan penuh makna sehingga tidak mungkin data pada situasi sosial tersebut dijaring dengan metode penelitian kuantitatif dengan instrumen seperti tes, interview, wawancara. Berdasarkan hasil analisis SWOT dengan perhitungan skor IFAS (kekuatan dan kelemahan) dan EFAS (peluang dan ancaman) menunjukkan nilai positif (+) sehingga strategi pengembangan objek wisata pantai Gading dikota Mataram berada pada kuadran I yaitu di antara strategi kekuatan dan peluang (SO), 1) Meningkatkan kualitas infrastruktur guna mendukung pengembangan pariwisata, 2) Memaksimalkan pengelolaan potensi wisata, 3) Mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam melestarikan alam, 4) Meningkatkan kinerja pengelola pariwisata dengan melengkapi fasilitas sosial ekonomi untuk mendukung peningkatan aktivitas masyarakat dalam melakukan kunjungan wisata.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDEDY, ISWANTOnidn0818087901
Thesis advisorBAIQ REINELDA TRI, YUNARNInidn0807058301
Uncontrolled Keywords: Strategi Perkembangan Objek Wisata
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: IMAN HELMI EFENDI
Date Deposited: 01 Apr 2021 01:51
Last Modified: 17 Jun 2021 06:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item View Item