STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PRODUK PERBANKAN DI BANK BNI

GHITA, TIARA (2020) STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PRODUK PERBANKAN DI BANK BNI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah menghipun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat serta memberikan jasanya dalam lalu lintas pembayaran dan perederan uang. Bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan, memuaskan nasabah adalah sebuah hal pokok yang tidak boleh diabaikan, dimana kepuasan nasabah merupakan aspek strategis dalam memenangkan persaingan dan mempertahankan citra perusahaan di masyarakat luas, sehingga pelayanan yang bermutu bagi nasabah merupakan hal yang penting. Kualitas pelayanan merupakan suatu esensi yang penting bagi kelangsungan hidup suatu badan usaha. Pesatnya perkembangan teknologi serta bergesernya frekuensi masyarakat dalam mengakses layanan keuangan, maka perbankan konvensional hendaknya harus benar-benar mengetahui akan pentingnya bagaimana strategi meningkatkan kualitas pelayanan perbankan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Bank BNI Kantor Cabang Kota Bima yang beralamat di Jl. Sultan Hasanuddin No. 4 Kota Bima. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu: (a) Data Primer atau data utama, dan (b) Data Sekunder atau data pendukung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Adapun strategi meningkatkan kualitas pelayanan pada produk perbankan oleh bank BNI Kantor Cabang Bima: (a) Setiap petugas pelayanan harus menguasai produk perbankan baik simpanan maupun kredit sebelum menawarkan kepada calon nasabah, (b) Rutin setiap minggu melakukan pembahasan produk knowledge sehingga tetap terupdate jika ada produk terbaru, (c) Selain menguasai produk perbankan semua petugas seperti CS, Teller dan Satpam menerapkan standar layanan yang telah di tetapkan oleh Bank BNI dalam melayanani nasabah sehari-hari. (2) Selain strategi meningkatkan kualitas pelayanan produk perbankan, Bank BNI Cabang Bima memiliki layanan inovasi untuk menarik nasabah atau diberikan untuk para nasabahnya, adapun layanan inovasi yang diberikan oleh Bank BNI Kantor Cabang Bima, sebagai berikut: (a) Pembukaan Rekening Digital, (b) BNI Credit Card Mobile, (c) Pembayaran menggunakan QR Code, (d) BNI Debit Online, (e) BNI Direct Mobile. (3) Adapun efek dari pelayanan yang baik untuk Bank BNI Kantor Cabang Bima yaitu dengan memiliki pelayanan yang bagus nasabah akan setia kepada bank, karena nasabah telah menilai bahwa pelayanan bank sangat baik, sehinggah nasabah akan menjadi nasabah tetap bagi Bank BNI Kantor Cabang Bima. Nasabah bisa menjadi media iklan gratis, karena kepuasan nasabah terhadap pelayanan bank, maka nasabah tersebut bisa saja menyebarkan mengenai pelayanan yang dimiliki oleh Bank BNI Kantor Cabang Bima. Nasabah tidak akan mempermasalahkan mengenai harga, karena rasa kepercayaan nasabah terhadap bank. Nama baik perusahaan meningkat, jal ini dikarenakan semakin banyaknya nasabah yang setia sehingga nama baik perusahaanpun meningkat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIBRAHIM, ABDULLAHnidn0830125501
Thesis advisorRAMAYANTO, RAMAYANTOnidn0809096702
Uncontrolled Keywords: Bank BNI Kantor Cabang Bima, Strategi Kualitas Pelayanan, Layanan Inovasi, Pelayanan Yang Baik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Sosial Masalah & Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:51
Last Modified: 22 Jun 2021 03:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item