PENGEMBANGAN MEDIA LEGO MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN DI SEKOLAH DASAR

HAYATINA, HAYATINA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA LEGO MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan manfaat terhadap pembelajaran metematka dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa melalui pengembangan media lego melalui pendekatan contextual teaching learning pada materi pecahan di SD Aisyiyah 2 Mataram. Dan tujuan pengembangan selanjutnya dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media lego dan kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan siswa terhadap media pembelajaran matematika berbantuan Lego terhadap nilai kepraktisan. Uji coba produk yang dilakukan oleh peniliti ini hanya sampai uji coba produk kelompok kecil yang berjumlahkan 8 orang siswa, dan melkukan validasi media dan materi dengan jumlah 5 validator. Media yang telah dikembangkan oleh peneliti telah memenuhi kriteria kevalidan yang layak dari ahli media sebesar 83,7%, dan untuk kepraktisan dilihat dari angket respon siswa yang telah dibagikan oleh peneliti kepada siswa uji terbatas sebesar 83,12% dan untuk keefektifitas pada uji coba terbatas sebesar 100%.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan manfaat terhadap pembelajaran metematka dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa melalui pengembangan media lego melalui pendekatan contextual teaching learning pada materi pecahan di SD Aisyiyah 2 Mataram. Dan tujuan pengembangan selanjutnya dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media lego dan kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan siswa terhadap media pembelajaran matematika berbantuan Lego terhadap nilai kepraktisan. Uji coba produk yang dilakukan oleh peniliti ini hanya sampai uji coba produk kelompok kecil yang berjumlahkan 8 orang siswa, dan melkukan validasi media dan materi dengan jumlah 5 validator. Media yang telah dikembangkan oleh peneliti telah memenuhi kriteria kevalidan yang layak dari ahli media sebesar 83,7%, dan untuk kepraktisan dilihat dari angket respon siswa yang telah dibagikan oleh peneliti kepada siswa uji terbatas sebesar 83,12% dan untuk keefektifitas pada uji coba terbatas sebesar 100%. Kata Kunci: Lego, Contextual Teaching Learning (CTL)

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDABDILLAH, ABDILLAHNIDN0824048301
UNSPECIFIEDYUNI, MARIYATINIDN0806068802
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lego, Contextual Teaching Learning (CTL)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:32
Last Modified: 16 Oct 2020 02:32
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item