STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN DI KABUPATEN SUMBA BARAT (STUDI KASUS PADA OBJEK BUDAYA RUMAH ADAT BOKULU)

POPPY, NURAYU NINGSIH (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN DI KABUPATEN SUMBA BARAT (STUDI KASUS PADA OBJEK BUDAYA RUMAH ADAT BOKULU). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pulau Sumba, khususnya Kabupaten Sumba Barat, memiliki potensi wisata alam dan budaya yang kaya, termasuk rumah adat Uma Bokulu. Namun, pengelolaan pariwisatanya masih rendah, terutama di sektor rumah adat. Wisata adat ini berperan penting dalam mendukung ekonomi masyarakat lokal, melestarikan budaya, dan menarik wisatawan. Meski pemerintah telah menetapkan kebijakan pariwisata melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009, promosi wisata berbasis digital belum optimal, mengakibatkan minimnya informasi yang tersedia, padahal peran digital sangat penting dalam era modern. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan sektor pariwisata dalam meningkatkan wisatwan di Kabupaten Sumba Barat. Metode dalam penelitian adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pariwisata di Kabupaten Sumba Barat menjadi salah satu sektor utama dalam pembangunan ekonomi daerah, berfokus pada peningkatan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja. Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat menerapkan strategi pengembangan pariwisata berbasis budaya melalui empat elemen utama: atraksi wisata, aksesibilitas, fasilitas, dan kelembagaan. Faktor pendukungnya meliputi kekayaan budaya dan alam, serta penyediaan sumber daya manusia yang tepat, meskipun terdapat kendala seperti kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pariwisata dan upaya pemasaran yang masih minim. Strategi promosi dilakukan melalui kerja sama dengan agen perjalanan serta penggunaan media sosial untuk mempromosikan atraksi budaya seperti event Pasola dan Wulla Poddu.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPALAHUDDIN, PALAHUDDINnidn0031127316
Thesis advisorRAHMAD, HIDAYATnidn0822048901
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Peningkatan Wisatawan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Poppy Nurayu Ningsih
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:26
Last Modified: 23 Sep 2025 08:26
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item View Item