PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU MBOJO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ZASKIA, MEGASIFANI (2025) PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU MBOJO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK_ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan model PBL berbasis kearifan lokal suku Mbojo terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 KORE. Penelitian ini adalah penelitian Reseach and Development ( R&D). Prosesur pengembangan meliputi pengumpulan informasi, perencanaan, Mengembangkan Draf Produk Awal, Uji Coba Lapangan Awal, Uji Kelompok Kecil, (Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan, Uji Coba Lapangan Operasional/Empiris, Penyempurnaan produk akhir. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1). Hasil uji kevalidan modul berbasis kearifan lokal suku Mbojo termasuk kategori valid yang dilihat dari perolehan skor ahli materi skor rata-rata 84,5% yang dikategorikan sangat valid dan ahli media dengan skor rata-rata 86% yang dikategorikan sangat valid. 2). Hasil uji kepraktisan model berbasis kearifan lokal suku Mbojo ada dalam skala kecil dan skala besar dimana kategori skala kecil yaitu cukup praktis dengan skor nilai rata-rata 10,6% sedangkan skala besar memperoleh memperoleh skor rata-rata 56,2% yang dikategorikan sangat Praktis. 3). Hasil analisa uji keefektifan model PBL menggunakan buku model berbasis kearifan lokal suku Mbojo yang menggunakan hitungan persamaaan gain, dimana gain-nya termasuk kategori g-Tinggi Kriteria Skor again yaitu g ≥ 0,7). Hasil analisa data observasi keterlaksanaan termasuk kategori sangat valid yang dilihat dari perolehan skor ahli materi skor rata-rata 95,25% dengan skor interval 75 % ≤ N ≤ 100%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Berbasis Kearifan Lokal, Suku Mbojo, Hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Zaskia Megasifani
Date Deposited: 22 Sep 2025 09:34
Last Modified: 22 Sep 2025 09:34
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13644

Actions (login required)

View Item View Item