ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK RAMA FARMA TANJUNG LOMBOK UTARA

MUHAMAD, LAZIM (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK RAMA FARMA TANJUNG LOMBOK UTARA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang berkualitas menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pasien di apotek. Kepuasan pasien merupakan indikator utama dalam menilai mutu layanan kefarmasian, yang mencakup interaksi apoteker, ketersediaan obat, dan kenyamanan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Rama Farma Tanjung Lombok Utara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan deskriptif (non-eksperimental) secara kuantitatif. Model penelitian ini adalah ServQual yang terdiri dari lima dimensi yaitu Tangible (Bukti fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurancee (Jaminan), dan Emphaty (Empati), Sampel terdiri dari 100 responden yang dipilih dengan rumus Slovin dari total populasi 1.410 pasien. Hasil analisis menunjukkan dua dimensi memiliki nilai gap positif, yaitu bukti fisik (0,04), jaminan (0,10), yang mengindikasikan bahwa sebagian besar pasien merasa puas. Namun, dimensi memiliki nilai gap negatif yaitu kehandalan (-0,06), ketanggapn (-0,02), empati (-0,01), menandakan perlu adanya perbaikan pada dimensi tersebut. Secara keseluruhan, nilai rata-rata gap sebesar (0,01) menunjukkan gap positif bahwa pelayanan kefarmasian di Apotek Rama Farma telah memenuhi harapan sebagian besar pasien, meskipun masih ada ruang untuk peningkatan terutama pada aspek kehandalan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNUR, FURQANInidn0814118801
Thesis advisorBAIQ, NURBAETYnidn0829039001
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Metode Servqual, Lombok Utara
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 613 Ilmu Kesehatan Umum, Kesehatan Individu, Promosi Kesehatan, Higienis Umum > 613.7 Kesehatan dan Kesegaran Jasmani
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Muhammad Lazim
Date Deposited: 22 Sep 2025 00:51
Last Modified: 22 Sep 2025 00:51
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item View Item