STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA UMKM SUPARMAN PIZZA (Gili Trawangan Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara) Untuk Memenuhi Persyaratan Seminar Proposal

AULIA, RAHMANSYAH (2025) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA UMKM SUPARMAN PIZZA (Gili Trawangan Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara) Untuk Memenuhi Persyaratan Seminar Proposal. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran yang diadopsi oleh Suparman Pizza, sebuah UMKM yang berlokasi di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, dalam usaha meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini didorong oleh persaingan yang ketat dalam bisnis kuliner di kawasan wisata dan perlunya strategi promosi yang efektif dan efisien bagi UMKM yang memiliki sumber daya terbatas. Promosi menjadi faktor penting untuk menjaga eksistensi bisnis dan menarik minat wisatawan lokal serta internasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pemilik bisnis, manajer pemasaran, pegawai, dan konsumen Suparman Pizza. Penelitian ini terfokus pada enam strategi promosi yang didasarkan pada bauran promosi Kotler: iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi, public relations, pemasaran digital, dan pemasaran langsung. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan seperti diskon dan paket makan hemat serta rekomendasi dari wisatawan awam menjadi yang paling efektif dalam meningkatkan minat beli. Ulasan positif di TripAdvisor dan promosi di social media juga berdampak besar dalam menarik pelanggan baru. Beberapa hambatan yang dihadapi termasuk adanya keterbatasan anggaran untuk promosi dan akses internet yang tidak stabil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi promosi yang sederhana, relevan, dan konsisten dapat menjadi solusi yang efektif bagi UMKM khususnya di wilayah pariwisata untuk meningkatkan daya saing dan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMIN, SALEHnidn0831128310
Thesis advisorHANDOYO, WIRASTOMOnidn0813048802
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Minat Beli, UMKM, Bauran Promosi, Pariwisata
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 381 Perdagangan
300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 650 Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Aulia Rahmansyah
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:39
Last Modified: 17 Sep 2025 02:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13510

Actions (login required)

View Item View Item