LATHIIFAH, RATU DEWI MIENOTIE (2025) PEMBELAJARAN HIWAR DI MTs NURUL ISLAM SEKARBELA MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SILAMITRY CHECK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran hiwār serta hambatan-hambatan pembelajaran hiwār bagi siswa kelas VII di MTs Nurul Islam Sekarbela. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-eksploratif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran hiwār serta hambatan-hambatan pembelajaran hiwār bagi siswa kelas VII di MTs Nurul Islam Sekarbela. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teks hiwār dilakukan melalui tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan mencakup perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan teks dialog, penyusunan daftar kosakata, serta penyusunan skenario pembelajaran. Tahap pelaksanaan dilakukan secara bertahap melalui kegiatan membaca dan memahami teks hiwār, latihan pengucapan, tanya jawab, bermain peran, hingga praktik percakapan kontekstual yang mengintegrasikan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Tahap evaluasi dilakukan secara formatif melalui latihan lisan dan tulisan untuk mengukur penguasaan kosakata serta kelancaran komunikasi siswa. Adapun hambatan yang dihadapi siswa meliputi keterbatasan kosakata, kesulitan pengucapan, kurangnya rasa percaya diri, serta lingkungan belajar yang tidak mendukung penggunaan bahasa Arab di luar kelas, sehingga sebagian siswa bersikap pasif dalam mengikuti kegiatan hiwār. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis teks hiwār di MTs Nurul Islam Sekarbela berjalan secara terencana, kontekstual, dan integratif, meskipun masih terdapat hambatan dari aspek linguistik, psikologis, dan lingkungan. Oleh karena itu, guru memiliki peran penting dalam memberikan bimbingan, motivasi, serta menciptakan suasana belajar yang komunikatif agar pembelajaran hiwār menjadi lebih efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab, Teks Hiwār, Keterampilan Berbahasa | |||||||||
Subjects: | 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama 200 Agama > 299 Agama Lainnya 400 Bahasa > 492 Bahasa Lain 200 Agama > 297 Islam |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Lathiffah Ratu | |||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 02:33 | |||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:33 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |