IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DAN DO’A DALAM PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 6 DI MI NURUL QUR’AN PAGUTAN

ZAKY, MAULANA AKBAR (2025) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DAN DO’A DALAM PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 6 DI MI NURUL QUR’AN PAGUTAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pembiasaan sholat dhuha dan do’a serta menganalisis dampaknya terhadap peningkatan karakter religius siswa kelas 6 di MI Nurul Qur’an Pagutan. Sebagai penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data dikumpulkan melalui metode observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, dan orang tua siswa, serta studi dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pembiasaan sholat dhuha dan do’a berjalan secara terstruktur dan rutin setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar. Proses ini ditopang oleh keterlibatan aktif seluruh guru sebagai teladan, bukan hanya sebagai pengawas, serta penggunaan pendekatan pedagogis yang hangat dan dialogis. Strategi ini berhasil menciptakan lingkungan yang kondusif dan memberdayakan siswa, di mana mereka tidak hanya mengikuti rutinitas, tetapi juga diberi kesempatan untuk memimpin, sehingga menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab. Temuan utama dari penelitian ini adalah program pembiasaan tersebut memberikan dampak yang signifikan dan holistik terhadap pembentukan karakter religius siswa. Dampak tersebut termanifestasi dalam empat ranah utama: (1) peningkatan disiplin dan tanggung jawab, yang terlihat dari ketepatan waktu dan kesadaran dalam menjalankan tugas; (2) transformasi praktik ritual menjadi akhlak mulia dalam interaksi sosial, seperti tumbuhnya kesopanan spontan, empati, dan kepedulian terhadap sesama; (3) internalisasi nilai-nilai spiritual yang mendalam, ditandai dengan munculnya pemahaman akan makna ibadah dan motivasi intrinsik untuk berdoa; serta (4) terciptanya efek domino positif di lingkungan rumah. Dengan demikian, program ini terbukti efektif mengubah praktik keagamaan menjadi karakter yang hidup dan terinternalisasi dalam perilaku sehari-hari.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMAPPANYOMPA, MAPPANYOMPAnidn0819098301
Thesis advisorMUSTAPA, ALInidn0805108503
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembiasaan, Sholat Dhuha, Do’a, Karakter Religius
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Zaky Maulana Akbar
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:22
Last Modified: 22 Sep 2025 02:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13348

Actions (login required)

View Item View Item