WIDIA, RINI (2025) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN INQUIRY TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER KELAS X. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry pada materi Sistem Persamaan Linier (SPL) di kelas X di SMK Assima’ Darul Falah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian yakni kelas eksperimen I (XA) 32 siswa dengan model pembelajaran Inquiry dan kelas eksperimen II (XB) 25 siswa yang menggunakan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah (pretest dan posttest). Data dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan model Inquiry adalah 81,250 sedangkan yang menggunakan model Discovery Learning adalah 68,600. Uji-t menghasilkan bahwa t hitung = 8,585 dan t tabel = 2,004 dengan taraf signifikan α = 0,05 (5%) yang berarti bahwa t hitung > t tabel, sehingga diperoleh kesimpulan Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan kedua model pembelajaran tersebut. Sehingga model pembelajaran Inquiry lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK Assima’ Darul Falah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Inquiry, Pemecahan Masalah Matematika | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Widia Rini | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 06:31 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 06:31 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |