SALWANI, NADIA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MIS MARAQITTA’LIMAT TEMBENG PUTIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi Salwani Nadia. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa MIS Maraqitta’limat Tembeng Putik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Mataram, Di Bawah Bimbingan Aqodiah, M.Pd. Sebagai Pembimbing I dan M. Musfiatul Wardi S.Sos. M.Pd Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MIS Maraqitta’limat Tembeng Putik. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas menggunakan korelasi product moment menunjukkan bahwa 16 butir soal valid, sedangkan uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha menghasilkan nilai 0,894 (> r tabel 0,444) yang berarti reliabel. Pelaksanaan pembelajaran PBL berjalan sesuai sintaks, mulai dari orientasi masalah, pengorganisasian siswa, pembimbingan penyelidikan, pengembangan dan penyajian hasil, hingga evaluasi proses pemecahan masalah. Hasil analisis menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 65,65 dan rata-rata posttest sebesar 85,2 dengan N-Gain sebesar 55,88% yang termasuk kategori cukup efektif. Dengan demikian, penerapan model PBL pada mata pelajaran Fiqih terbukti cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar dan Mata Pelajaran Fiqih, | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Salwani Nadia | |||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 09:02 | |||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 09:02 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |