KAMALIA, HARIANI (2025) KORELASI ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII DI SMP IT ASSOHWAH AL-ISLAMIYAH KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan, khususnya dalam membentuk sikap kedisiplinan siswa. Salah satu tantangan yang dihadapi sekolah saat ini adalah rendahnya kedisiplinan siswa, seperti datang terlambat, tidak mematuhi tata tertib sekolah, hingga kurangnya tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Kondisi ini menunjukkan bahwa proses pendidikan tidak cukup hanya mengandalkan pembelajaran intrakurikuler, namun perlu ditunjang oleh kegiatan ekstrakurikuler yang berorientasi pada pembentukan karakter. Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah ekstrakurikuler Pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan kedisiplinan siswa kelas VII di SMP IT Asshohwah Al-Islamiyah Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif-korelasional yang bersifat non-kausal, artinya tidak bertujuan untuk mencari pengaruh atau sebab akibat, tetapi hanya untuk melihat hubungan statistik antara dua variabel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang dipilih melalui teknik purvosive sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang disusun berdasarkan indikator kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan indikator kedisiplinan. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan dalam kegiatan Pramuka dengan kedisiplinan siswa. Nilai korelasi (r) sebesar 0,774 menunjukkan hubungan positif yang kuat, dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, semakin aktif siswa mengikuti kegiatan Pramuka, semakin tinggi tingkat kedisiplinannya. Siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan Pramuka menunjukkan sikap yang lebih taat aturan, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran diri dalam menjalankan kewajiban sebagai pelajar. Hal ini menegaskan bahwa kegiatan Pramuka tidak hanya mengembangkan keterampilan teknis, tetapi juga membentuk karakter disiplin siswa secara konsisten
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, Pramuka, Kedisiplinan Siswa | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Kamalia Hariani | |||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 07:09 | |||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 07:09 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |