IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL (RABI AI) DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

RATU, ALFANA (2025) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL (RABI AI) DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD). Kearifan lokal memiliki peran penting dalam pendidikan karena dapat membantu siswa memahami konsep sains secara lebih kontekstual dan bermakna. Namun dalam praktiknya masih terdapat berbagai tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan konsep ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa di SDN 09 Kilo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru mengalami kesulitan dalam mengaitkan konsep IPA dengan kearifan lokal seperti guru menghadapi berbagai kesulitan dalam mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal antara lain padatnya kurikulum, keterbatasan sumber belajar berbasis budaya lokal, rendahnya kompetensi guru dalam mengaitkan konsep IPA dengan praktik lokal serta minimnya pelatihan dan dukungan dari instansi terkait. Rendahnya minat siswa terhadap budaya lokal juga menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Faktor utama yang menjadi kendala adalah kurangnya pemahaman guru mengenai integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran keterbatasan sumber belajar serta kurangnya dukungan dari kurikulum yang tersedia. Meskipun demikian respons siswa terhadap pembelajaran berbasis kearifan lokal sangat positif di mana mereka lebih antusias dan mudah memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu diperlukan pelatihan bagi guru serta pengembangan bahan ajar yang lebih relevan agar nilai-nilai kearifan lokal dapat terintegrasi secara optimal dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorZULKARNAIN, ZULKARNAINnidn0809078703
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Guru, Kearifan Lokal, Pembelajaran IPA.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ratu Aifana
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:07
Last Modified: 04 Sep 2025 08:07
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12771

Actions (login required)

View Item View Item