LALU DONI, URIF KUSUMA (2025) HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SUKARAJA LOMBOK TIMUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan kefarmasian yang berkualitas menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan indikator utama dalam menilai mutu layanan kefarmasian, yang mencakup interaksi apoteker, ketersediaan obat, dan kenyamanan fasilitas. indikator penting lainnya dalam menilai kualitas pelayanan kefarmasian adalah durasi waktu tunggu pasien untuk mendapatkan resep. waktu tunggu ideal untuk obat jadi adalah maksimal 30 menit, sedangkan untuk obat racikan adalah maksimal 60 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sukaraja Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif dan dilaksanakan menggunakan (survey) analitik dengan pendekatan cross sectional. Model penelitian ini adalah ServQual yang terdiri dari lima dimensi yaitu Reliability (Kehandalan) Responsiveness (Ketanggapan) Assurancee (Keyakinan) Emphaty (Empati) Tangible (Bukti fisik), Sampel terdiri dari 99 responden yang dipilih dengan rumus Slovin dari total populasi 6785 resep. Sebagian besar responden merasa puas sejumlah 98 responden (98%) sedangkan yang merasa cukup puas sebanyak 1 responden (1%). Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sukeraja Lombok Timur dapat ditarik kesimpulan Terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Sukeraja Lombok Timur. Berdasarkan hasil analisis chi-square diperoleh hasil nilai P Value = 0,010 < 0,05.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Puskesmas, Tingkat Kepuasan, Waktu Tunggu, Metode Servqual, Pelayanan Resep | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 615 Farmakologi dan Terapi Farmakologi > 615.4 Farmasi Praktis | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi | |||||||||
Depositing User: | Lalu Doni Urif Kusuma | |||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:53 | |||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 06:53 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |