ST RAHWINI, RAHWINI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA SMAN 1 KEMPO, KEC KEMPO, KAB. DOMPU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penggunaan media sosial berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa kelas XII di SMAN 1 Kempo. Latar belakang penelitian didasarkan pada perkembangan pesat teknologi digital yang melahirkan berbagai inovasi, termasuk media sosial yang kini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Media sosial berfungsi sebagai sarana komunikasi, pertukaran informasi, sekaligus wadah ekspresi diri. Data Reportal (2023) mencatat bahwa 60,4% penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial. Salah satu platform yang paling populer adalah TikTok, yang memberikan ruang bagi penggunanya untuk berkreasi melalui konten video singkat. Walaupun memiliki manfaat sebagai sumber hiburan dan informasi, penggunaan TikTok secara berlebihan tanpa kontrol waktu dapat berdampak negatif, seperti menurunnya motivasi belajar, terganggunya konsentrasi, serta menurunnya prestasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMAN 1 Kempo, dengan jumlah sampel yang dipilih sebanyak 64 responden yang terdiri dari XIIA dan XIIB. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dengan skala Likert yang sebelumnya telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Data penelitian dianalisis melalui serangkaian uji validitas (korelasi Pearson), uji reliabilitas (Cronbach’s Alpha), uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov), uji homogenitas (Levene’s Test), serta uji Regresi Linear untuk mengetahui ada hubungan antar variabel. Hasil temuan menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa. Nilai korelasi (R) sebesar 0,860 menunjukkan hubungan yang sangat kuat antar variabel, dan R² = 0,740 (Adjusted R² = 0,732) mengungkapkan bahwa 74 % variasi prestasi akademik dijelaskan oleh variabel penggunaan media sosial. Standard Error of Estimate sebesar 2,578 mencerminkan ketepatan prediksi model.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media sosial, prestasi akademik, SMAN 1 Kempo | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Siti Rahwini | |||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 07:00 | |||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 07:00 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |