PENGARUH PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 2 SDN INPRES DORIDUNGGA

SUSILA, WATI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 2 SDN INPRES DORIDUNGGA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

YouTube sebagai media pembelajaran audio visual mampu memfasilitasi pemahaman kosakata secara kontekstual dan menarik, sehingga dapat mendukung penguasaan keterampilan berbahasa siswa secara efektif. Kosakata merupakan unsur dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang sangat penting dikuasai sejak jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media YouTube dalam meningkatkan pengetahuan kosakata Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Inpres Doridungga, hambatan yang dihadapi dalam penerapannya dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest), observasi, dan angket. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sehingga analisis dilanjutkan dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian berdasarkan uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dengan rata-rata peningkatan sebesar 26,05 poin, yang mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media YouTube terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa terlibat aktif selama pembelajaran menggunakan media YouTube, dengan indikator tertinggi adalah fokus menonton video (95,2%). Hasil angket juga menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan media YouTube. Hambatan yang ditemukan meliputi keterbatasan jaringan dan kurangnya keberanian siswa dalam bertanya. Solusi yang diterapkan meliputi mengunduh video sebelum pembelajaran dimulai dan memutarnya secara offline. Selain itu, pemilihan video berdurasi pendek dan ukuran file ringan juga dilakukan agar lebih mudah diakses tanpa memerlukan jaringan kuat, memilih video yang sesuai, serta memberikan pendampingan dan motivasi agar siswa lebih aktif dan percaya diri dalam proses pembelajaran dan pemberian motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Thesis advisorRIMA, RAHMANIAHnidn0821118601
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Kosakata, Media Youtube.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Susilawati Susilawati
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:44
Last Modified: 09 Sep 2025 03:44
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12540

Actions (login required)

View Item View Item