PENGGUNAAN CAMPURKODE DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR OLEH GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KURANJITINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

NILA, FITRIAH (2020) PENGGUNAAN CAMPURKODE DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR OLEH GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KURANJITINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NILA cover-bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NILA bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI NILAbab 5-lampiran.pdf

Download (201kB)

Abstract

Nila Fitriah, 2020. Penggunaan Campur Kode Dalam Interaksi Belajar Mengajar Oleh Guru Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji Tinjauan Sosiolinguistik, Skripsi. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram. Pembimbing I : Drs. Akhmad H. Mus, M.Hum Pembimbing II : Roby Mandalika W, M.Pd ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Penggunaan Campur Kode dalam Interaksi Belajar Mengajar oleh Guru Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji Tinjauan Sosiolinguistik”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru di Sekolah Dasar Negeri 2 kuranji?, (2)Faktor apa sajakah penyebab terjadinya campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji?. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji, menjelaskan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang menggunakan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa atau gambaran untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain.Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa bentuk data campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji yaitu bentuk kata, bentuk frasa, bentuk perulangan, dan bentuk klausa. Bentuk kata seperti kata beriuk, badaq, tao, gaweq, kembang, lime, aneh, dan lain-lain, bentuk frasa yang sering digunakan yaitu jelo kane, saq cocok, epe tulis, aneh beketuan, tekumpulan malik dan lain-lain, bentuk perulangan seperti kata beriuk-beriuk, sedangkan bentuk klausa seperti kata dendeq pade saling besual, pade sugulan buku bareng dan lain-lain. Faktor penyebab campur kode yang ditemukan penulis pada penelitian ini yaitufaktor keinginan untuk menjelaskan atau menafsirkan. Kata kunci: Campur kode, Interaksi belajar mengajar

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAKHMAD, H. MUS0822086002
UNSPECIFIEDROBY, MANDALIKA W.0822038401
Uncontrolled Keywords: Campur kode, Interaksi belajar mengajar
Subjects: 400 Bahasa > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:07
Last Modified: 17 Sep 2020 02:07
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item