NURUL, FATIMAH (2025) PENGGUNAAN BUKU HARIAN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas p enggunaan buku harian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan buku harian sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan mengarang siswa kelas IV di SDN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi hasil tulisan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang dan satu orang guru kelas. Observasi dilakukan untuk menilai perkembangan keterampilan mengarang siswa dari segi struktur tulisan, kosakata, dan ekspresi ide. Wawancara dilakukan untuk menggali pandangan guru dan siswa terhadap penggunaan buku harian. Dokumentasi digunakan untuk melihat perkembangan kualitas tulisan siswa dari waktu ke waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku harian mampu meningkatkan keterampilan mengarang siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih terbiasa dan percaya diri dalam menulis, tulisan mereka lebih panjang, runtut, dan ekspresif. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam penggunaan kosakata yang variatif dan kemampuan menyusun kalimat yang lebih baik. Buku harian juga memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan emosi dan pengalaman pribadi secara bebas, yang berdampak positif terhadap motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Dengan demikian, buku harian terbukti efektif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan mengarang siswa sekolah dasar. Selain meningkatkan kemampuan menulis secara teknis, buku harian juga membantu pengembangan karakter, refleksi diri, dan kebiasaan literasi. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan buku harian secara berkelanjutan sebagai bagian dari strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyenangkan dan bermakna.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Buku harian, keterampilan mengarang , siswa sekolah dasar | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nurul Fatimah | |||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:08 | |||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:08 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |