FAJRIANI, FAJRIANI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS VII SMPN 19 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah menengah pertama di era digital, di mana siswa lebih banyak mengakses media hiburan dibandingkan media pembelajaran. Kondisi ini berdampak pada menurunnya penghayatan dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media game edukasi digital yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Media ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar sekaligus memperdalam pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Mataram, sedangkan sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman nilai-nilai Pancasila. Analisis data meliputi uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. bisa dilihat dari hasil analisis regresi linier sederhana, diperoleh nilai R Square sebesar 0,920. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media game edukasi digital memberikan pengaruh sebesar 92% terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VII SMPN 19 Mataram. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media game edukasi digital terhadap peningkatan pemahaman siswa tergolong sangat tinggi. Sisanya sebesar 8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | game edukasi digital, pancasila, pemahaman nilai, pembelajaran interaktif | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Fajriani Fajriani | |||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 01:04 | |||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 01:04 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |